Rabu, 05 Maret 2014

INTERNET PHISING


Internet phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna. Dengan banyaknya kasus pengelabuan yang dilaporkan, metode tambahan atau perlindungan sangat dibutuhkan. Upaya-upaya itu termasuk pembuatan undang-undang, pelatihan pengguna, dan langkah-langkah teknis.

Teknik umum yang sering digunakan oleh para penipu tersebut adalah sebagai berikut :

1.  Penggunaan alamat e-mail palsu untuk menyesatkan pengguna internet, pelaku juga seringkali menggunakan logo atau merek dagang tertentu untuk meyakinkan korban agar memberikan data pribadi seperti password, PIN, dll.

2.  Membuat situs palsu yang persis dengan situs resmi

3.  Membuat hyperlink ke website palsu

Satu-satunya cara mengatasi serangan yang memanfaatkan celah kelemahan sosial pengguna adalah dengan melakukan sikap hati-hati. Berikut 10 tips untuk mencegah dari serangan phising:

1.  Untuk situs sosial seperti Facebook, buat bookmark untuk halaman login atau mengetik URL www.facebook.com secara langsung di browser address bar.

2.  Jangan mengklik link pada pesan email.

3.  Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.

4.  Kenali tanda giveaway yang ada dalam email phising:
- Jika hal itu tidak ditujukan secara personal kepada anda.
- Jika anda bukan satu-satunya penerima email.
- Jika terdapat kesalahan ejaan, tata bahasa atau sintaks yang buruk atau kekakuan lainnya dalam penggunaan bahasa. Biasanya ini dilakukan penyebar phising untuk mencegah filtering.

5.  Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate antivirus.

6.  Menginstall patch keamanan.

7.  Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.

8.  Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator.

9.  Cermati alamat URL-nya yang ada di address bar.

10. Back up data anda.







0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons